Kurma (pohon) | cara menanam pohon kurma

Kurma (pohon) | cara menanam pohon kurma



Tips Jitu Cara Menanam Pohon Kurma di Indonesia Agar Berbuah â–º 5:08 youtube watch?v=vK9sqRuvWU012 Okt 2017 5 menit Diupload oleh Tanaman BuahTips Jitu Cara Menanam Pohon Kurma di Indonesia Agar Berbuah Lebat HAsil Panduan Lengkap Cara Menanam Pohon Kurma Dari Biji Agar â–º 12:26 youtube watch?v=lHhWtW3ZmpY26 Okt 2017 12 menit Diupload oleh Bertani BuahPanduan Lengkap Cara Menanam Pohon Kurma Dari Biji Agar Cepat Berbuah Di 5 Cara Menanam Kurma Agar Cepat Berbuah IlmuBudidaya ilmubudidaya cara menanam kurmaCache23 Sep 2017 Budidaya pohon kurma dapat dilakukan dengan cara generatif Ini adalah cara yang menggunakan kecambah dari biji kurma Karena setiap  Belajar Budidaya Pohon Kurma Di Indonesia â€" waras farm warasfarm wordpress belajar budidaya pohon kurma di indonesia CacheMirip8 Jan 2015 Kurma, buah asal timur tengah yang satu ini tentu sudah tidak begitu asing di telinga anda Terlebih saat bulan puasa ataupun saat hari raya  Panduan Cara Menanam Kurma Lengkap untuk Pemula Step by Step! sentrabudidaya tips budidaya cara menanam kurma CacheCara Menanam Kurma â€" Jumpa lagi bersama SentraBudidaya, pada Tanaman kurma memiliki nama latin Phoenix dactylifera dengan jenis pohon  Langkah langkah Menanam Kurma yang Baik dan Benar izlog org langkah langkah menanam kurma yang baik dan benar Cache17 Apr 2018 Namun menanam kurma membutuhkan langkah dan lahan yang lebih dapat menambahkan peneduh sederhana dengan dahan pohon atau  Ingin Punya Pohon Kurma di Rumah, Ini Cara Sederhana bogor tribunnews ingin punya pohon kurma di rumah ini cara sederhana menanamnyaCacheMirip14 Jun 2016 COM Menanam sebuah tanaman memang tidak begitu mudah, apa lagi Seperti dikutip dari Wikipedia, pohon kurma diyakini berasal dari  Cara Menanam Pohon Kurma Supaya Berbuah di Aceh portalsatu portalsatu cara menanam pohon kurma supaya berbuah di aceh 27509Cache9 Apr 2017 SEJAK dulu sudah banyak masyarakat Indonesia yang mencoba untuk membudidayakan tanaman kurma di halaman rumah mereka Namun  Cara Menanam Pohon Kurma agar Cepat Berbuah â€" VIVA viva co id 954925 cara menanam pohon kurma agar cepat berbuahCache9 Sep 2017 Cara menanam dan merawat pohon kurma agar cepat berbuah dengan metode stek Metode stek biasanya akan berbuah 2 hingga 3 tahun  Gambar untuk Kurma (pohon) + cara menanam pohon kurma

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) di Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Bengkulu, DI Yogyakarta, Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat, Kepulauan Bangka Belitung

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah cara menanam pohon kurma di Kota Kediri, Agam, Kab. Serang, Bukittinggi, Yogyakarta, Kab. Serang, Kepahiang, Denpasar, Kota Tasikmalaya, Kapuas, Konawe, Kab. Kendal, Aceh Barat, Kota Mataram,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) | cara menanam pohon kurma di Kec. Sungai Rotan, Kec. Purworejo, Kec. Sucinaraja, Kec. Makasar, Kec. Toili, Kec. Wlingi, Kec. Nganjuk, Kec. Terara, Kec. Banjaran, Kec. Kaliwedi, Kec. Mundu, Kec. Karanganyar, Kec. Cidaun, Kec. Ngantru, Kec. Boyolali, Kec. Air Batu, Kec. Gayamsari, Kec. Gegesik, Kec. Rowosari, Kec. Tanjung Lago

 

Kurma, (Arab: تمر‎, Tamr; nama latin Phoenix dactylifera) adl tumbuhan palma (Arecaceae) dlm genus Phoenix, buahnya bisadimakan. Wlpn tmpt asalnya tdk dikth karena tlh sjk lama dibddykn, kemungkinan pohon ini berasal dr tanah sekitar Teluk Persia[1]. Pohonnya berukuran sdng dengan tinggi sktr 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pd sejumlah batang dari sebuah sstm akar tunggal. Daunnya mempunyai pnjng 3-5 meter, dg duri pada tangkai daun, menyirip & memiliki sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan pnjng 30 centimeter & lebar 2 cm . Rentangan pnh mahkotanya berkisar dr 6-10 meter.

Etimologi

Nm varietas dactylifera "date-bearing" berasal dari Yunani kunodáktulos, "kurma" (juga "jari")[2] dan batang dr kata kerja Latinferō, "Saya memberi".[3]

Sejarah Kurma

Kurma telah mnjd makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan thn lamanya. Tumbuhan Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia & telah dibudidayakan sjk zaman kuno dr Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kemungkinan pada awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno mnggnkn buahnya untk dibuat mnjd anggur kurma & memakannya pada saat panen. Ada bukti arkeologi budidaya kurma di bagian Arab timur pd tahun 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pada zaman slnjtnya, orang Arab mnybrkn luaskan kurma di sekitar Selatan & Barat Daya Asia, bagian utara AfrikaSpanyol dan Italia. Kurma diperkenalkan di Mexico & California, disktr Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pd tahun 1765.

Buah

Buah yg dihasilkan oleh pohon kurma diknl sbg buah kurma.[4] Bntk buahnya lonjong-silinder dengan panjang 3-7 centimeter , berdiameter 2-3 centimeter  danketika masih muda warnanya merah cerah ke kuning trng, trgntng dr jenisnya. Kurma mempunyai bj tunggal yg ukuran panjangnya sktr 2-2,5 centimeter  dan tebalnya 6-8 mm. Buah kurma dikelompokan mnjd tiga glngn utama yaitu: lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), semi-kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') dan kering (contohnya 'Thoory'). Spesies buah ini trgntng pd kndngn glukosafruktosa & sukrosa


Tanaman kurma merupakan tumbuhan varietas dioecious, yaitu mempunyai tanaman jantan dan betina yang hidup scr terpisah. Mereka bisa tmbh dengan mdh dr bakal bj, ttp hanya 50% pohon betina yg ditanam secara pembibitan akan berbuah, dan mnghslkn buah yg kecil serta berkualitas rendah. Sbgn besar prkbnn mnggnkn perkmbngbkn stek pd pohon, terutama pd kultivar 'Medjool' karena bisa mnghslkn panen yang banyak serta buah yang manis dan besar. Pohon yang tmbh dr cara stek akan berbuah 2-3 tahun lbh awal daripada pohon yang menggunakan bibit.

Pembuahan dg serbuk sari pd tumbuhan kurma dilkkn secara alami oleh angin ttp pada perkebunan oasis tradisional & perkebunan modern, penyerbukan dilakukan secara manual. Penyerbukan alami pada pohon jantan & betina, bisa terjadi dg jumlah yang sama antr kedua tanaman. Namun, bila dilkkn dengan bantuan, satu tanaman jantan bisa menyerbuki hngg 100 pohon betina. Pohon jantan yg mrpkn sebagai penyerbuk, mmngknkn para petani menggunakan sumber daya mereka untuk memproduksi lbh banyak buah pd pohon betina.

Bbrp petani bahkan tdk memelihara tumbuhan jantan, yg mana sbg bunga jantan, untuk menyediakannya di pasar lokal pd saat wkt penyerbukan. Pnyrbkn manual dikerjakan oleh pekerja terampil dg menggunakan bantuan tangga untk naik ke atas pohon. Di bbrp daerah sprt Irak, para pekerja memanjat tanaman dg menggunakan alat pemanjat khusus, dimana alat trsbt mengitari batang pohon dan pendaki membuatnya tetap mlkt pd bagasi saat mendaki. Jarang serbuk sari dapat diterbangkan ke bunga betina dengan angin.

Kurma masak dbg mnjd empat glngn, yg mana dikenal di seluruh dunia dengan menggunakan penamaanArab yaitu, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (masak, lembut), tamr (masak, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Stp 100 g kurma segar bisa mengandung sumber vitamin C[butuh rujukan] dan energi sebesar 230 kcal (960 kJ). Air yg trkndng dalam kurma relatif sedikit & hal ini tdk menjadikannya jauh lbh pekat pd saat proses pngrngn berlangsung, mskpn vitamin C-nya akanhlng.

Kurma mrpkn pohon tradisional yg pntng di TurkiIraqArabAfrika Utara smp ke Maroko. Di negara-negara Islam, kurma dan yogurt atau susu adl mknn tradisional yg utama untuk berbuka puasa pada saat bulan Ramadan. Kurma (terutama Medjool & Deglet Noor) jg dibudidayakan di Amerika Serikat padabagian selatanCaliforniaArizona dan bagian selatan Florida.

Pohon kurma dapat berbuah setelah ditnm selama 4 sampai 7 tahun dan bisa dipanen ketika telah berusia 7 sampai 10 thn. Tumbuhan kurma yg telah dewasa bisa menghasilkan 80-120 kg (176-264 lb) buah kurma pada setiap musim panennya. Agar mendapatkan buah yang berkualitas untk bisa dipasarkan, tandan kurma hrs ditipiskan & dibngks atau ditutup sebelum masak supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar & terlindungi dr cuaca & hama, seperti burung.

Makanan dari Olahan Kurma

Kurma kering atau lembut yang dimakan buatan tangan atau mungkin terlihat berbintik-bintik diisi dengan isian sepertialmondkenari, manisan jeruk & kulit lemontahinimarzipan atau krim keju. Kurma berbintik disebut juga kurma tanpa biji. Sebagian kurma kering berbintik kemungkinan berglasir dengan sirup glukosa untk digunakan sebagai makanan ringan. Kurma juga bisa dipotong dan digunakan dalam berbagai hidangan manis dan gurih mulai dari tajines (untuk puding) diMarokoka'ak (jenis kue kering Arab) dan makanan pencuci mulut lainnya. Kurma roti kacang, jenis kue, sangat populer diAmerika Serikat terutama menjelang hari-hari libur. Kurma juga diproses menjadi berbentuk dadu, pasta (yang disebut "ajwa"), olesan, sirup kurma atau "madu" yang disebut "dibs" atau "rub" di Libya, bubuk (gula kurma), cuka ataupun alkohol. Inovasi olahan terbaru antara lain kurma berlapis cokelat & produk-produk seperti jus kurma bersoda, yg digunakan di beberapa negara-negara Islam sebagaisampanye versi non-alkohol, untuk acara-acara khusus dan waktu keagamaan seperti Ramadhan.

Kurma juga dapat dikeringkan, ditumbuk & dicampur dengan gandum untk membentuk bahan baku bergizi. Kurma kering dimakan oleh untakuda & anjing diSahara. Di Nigeria utara, kurma & lada ditambahkan ke dalam bir asli yang diyakini membuatnya untk mengurangi mabuk.

Daun kurma muda dimasak dan dimakan sebagai sayuran, seperti pangkal tunas atau jantung, meskipun pd saat pengangkatannya bisa membuat tumbuhan mati. Benih digiling halus dicampur dengan tepung untuk membuat roti pada saat sedang kelangkaan terjadi. Bunga-bunga kurma juga dimakan. Secara tradisional, bunga betina adl bunga yg paling tersedia untuk dijual dan beratnya 300-400 gram. Kuncup bunga digunakan dalam salad atau sebagai alas pada ikan kering untuk membuat bumbu roti.

Menurut sebuah studi oleh Al-Shahib & Marshall, dalam banyak hal, "Kurma bisa dianggap sebagai makanan yang hampir ideal, memberikan berbagai nutrisi penting & manfaat kesehatan yang potensial." Kurma adl sumber yg sngt baik untuk diet kalium. Kndngn gula pada kurma yang telah matang sekitar 80%; sisanya trdr dr proteinserat, dan elemen termasuk boronkobalttembagafluormagnesiummanganselenium, & seng.[5]

Di India dan PakistanAfrika UtaraGhana, & Pantai Gading, tanaman kurma disadap untuk diambil getah manisnya, yg dikonversi mnjd gula kelapa (yang diknl sbg jaggery atau gur), sirup gula atau mnmn beralkohol. Di Afrika Utara getah yang diperoleh dr penyadapan tanaman palma diknl sbg lāgbÄ«. Jk dibiarkan untk jngk wkt yg cukup lama (biasanya berjam-jam, trgntng pada suhu) lāgbÄ« dengan mdh dapat menjadi mnmn beralkohol. Keterampilan khusus diperlukan pada saat penyadapan pohon palma sehingga tdk mati.

Di bagian Tenggara Spanyol (di mana perkebunan besar kurma ada termasuk UNESCO dilndng Palmeral dari Elche) kurma (biasanya olahan dg almondgoreng) disajikan terbungkus pd daging babi asap dan shallow goreng.

Itu juga digunakan untk membuat Jallab.

Kegunaan Pohon Kurma

Biji kurma tersebut direndam dari bwh ke atas untk dijdkn pakan ternak. Minyaknya cocok untk digunakan dlm bntk sabun dan kosmetik. Mrk jg dapat diolah scr kimia sbg smbr asam oksalat. Benih-benihnya juga dibakar untuk membuat arang oleh pandai perak & dapat dirangkai mnjd kalung. Biji kurma juga tanah & digunakan pd olahan biji kopi atau sbg bhn tmbhn untuk kopi.

Tandan buah yang tlh dipreteli bisa digunakan sbg sapu. Di Pakistanviskossirup kental yang terbuat dr buah yg matang dgnkn sebagai pelapis untk tas kulit dan pipa untuk mncgh kebocoran.

Getah pohon kurma dapat dgnkn untk membuat sirup danberbagai produk dapat dimkn berasal dr sirup.

Daun pohon kurma digunakan untuk Palm Sunday dlm agama Kristen. Di Afrika Utara, mereka biasanya digunakan untuk membuat pondok. Daun dewasa juga dibuat mnjd tikar, layar, keranjang & kipas. Daun yg diolah dapat digunakan sebagai isolasi kardus. Tangkai daun kering yang merupakan smbr ampas selulosa dapat dijadikan sebagai tongkat jalan, sapu, umpan pancing dan bahan bakar. Pelepah daun yg berharga mengeluarkan aroma serta seratnya jg dapat digunakan sebagai tali, kain kasar, dan topi besar. Di hari libur Yahudi,Sukkot, daun-daunnya dgnkn sebagai lulav.

Kayu kayu tumbuhan kurma dgnkn untuk tiang dan langit-langit pada pondok, karena lebih ringan dr kelapa & tdk bgt tahan lama. Kayu juga digunakan untk konstruksi sprt jembatan dan saluran air, & bgn dari dhows. Sisa kayunya dibkr sbg bahan bakar.

Dmn tradisi kerajinan masih berkembang, sprt di Omantumbuhan palem adl yg paling srb guna dr semua pohon asli, dan hmpr setiap bagian dari tanaman dgnkn untuk membuat barang-barang fungsional mulai dr tali dan keranjang untuk sarang, perahunelayan, dan tmpt tinggal tradisional.[butuh rujukan]

Kegunaan Kurma dalam Bidang Pengobatan

Kurma memiliki kandungan tannin yg tinggi & secara medis dgnkn sebagai deterjen (mempunyai daya pembersihan) & astringent pada usus yang bermasalah.[butuh rujukan] Kurma bisa dibrkn untk sakit tenggorokan, pilek, penyakit selesema bronkial, mrngkn demam dan sjmlh keluhan lainnya dalam bentuk infus, ramuan, sirup atau pasta.[butuh rujukan] Satu keyakinan tradisional mengatakan bhw kurma bisa mentrlkn keracunan alkohol. Bubuk biji jg dgnkn dalam beberapa obat-obatan tradisional.

Getah yang dicucurkan oleh batang pohon, di India, dgnkn untuk mengobati diare & penyakit kencing genital.[butuh rujukan] Akarnya digunakan melawan sakitgigiSerbuk sari menghasilkan sebuah prinsip estroneestrogenik, & mempunyai efek gonadotropic pada tikus muda.

 

2019-03-14 11:47:12 * 2019-03-14 11:22:12

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kurma (pohon) | cara menanam pohon kurma adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kurma (pohon) | cara menanam pohon kurma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit