Kepel buah kepelan

2:50:03 Tumbuhan kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) adalah pohon pnghsl buah hdngn meja yg mnjd flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta dan di Tanah Pasundan yang jg dikenal sbg Burahol. Buah kepel digemari puteri kraton-kraton di Jawa karena diprcy menyebabkan keringat beraroma wangi dan membuat air seni tidak berbau tajam.

Pemerian
Pohon tegak, tidak merontokkan daun secara serentak, tingginya mncp 25 m. Tajuknya teratur brbntk kubah meruncing ke atas (sprt cemara) dg percbngn mendatar atau agak mendatar. Diameter batang utamanya mcp 40centimeter,brwrn coklat-kelabu tua smp hitam, yg scr khas tertutup oleh banyak benjolan yang besar-besar. Daunnya brbntk lonjong-jorong sampai bundar-telur/bentuk lanset, berukuran (12-27) cm × (5-9) cm, brwrn hijau gelap, tidak berbulu, merontal tipis; tangkai daunnya mencapai 1,5 cm panjangnya. Bunganya berkelamin tunggal, mula-mula berwarna hijau kemudian berubah mnjd keputih-putihan, mncl pd tonjolan-tonjolan di batang; bunga jantannya trltk di batang sebelah atas & di cabang-cabang yg lebih tua, berkmpl sbnyk 8-16 kuntum, diameternya mencapai 1 cm; bunga betinanya hanya berada di pangkal batang, diameternya mncp 3 cm. Buahnya dengan 1-13lmbr daun buah bertipe mirip buah buni (berrylike ripe carpels), panjang tangkai buahnya mncp 8 centmeter; daun buah yg masak hmpr bulat bntknya, berwarna kecoklat-coklatan, diameternya 5-6 cm, perikarpnya berwarna coklat, berisi sari buah, dpt dimakan. Bjnya berbentuk menjorong, berjumlah 4-6 butir, panjangnya sktr 3 centmeter, berat segar 62-105 gram, srt bagian yang dpt dimkn sebanyak 49% dan bijinya 27% dr berat buah segar.

Manfaat
Buahnya yg matang dimkn dalam keadaan segar. Disebutkan bahwa dagingnya yang berwarna jingga dan mengandung sari buah itu mmbrkn aroma seperti bunga mawar brcmpr buah sawo pada ekskresi tubuh (seperti air seni, keringat, dan napas). dalam pengobatan, daging buahnya berfungsi sbgpeluruh kencing, mncgh radang ginjal & mnybbkan kemandulan (sementara) pd wanita. Jd, kepel ini oleh para wanita bangsawan dgnkn sbgparfum dan alat KB; di Jawa, penggunaannya secara tradisional trbts di Kesultanan Yogyakarta. Kayunya cocok untk perkakas rumah tangga; batangnya yang lurus setelah direndam beberapa bln dalam air, dgnkn untuk bahan bangunan rumah dandibrtkn tahan lbh dr 50 thn. Kepel mrpkn tanaman hias pohon yang indah, daunnya yg muncul scr serentak brbh dari merah muda pucat menjadi merah keunguan sblm berubah lagi mnjd hijau cemerlang. Perawakan pohonnya berbentuk silindris atau piramid dg banyak cabang lateral yang tersusun secara sistematik, & sifatnya yang kauliflor (cauliflory) menambah keindahannya.

Syarat Tumbuh
Kepel tumbuh liar pada tanah lembap dan dlm, di hutan-hutan sekunder di Jawa. Dibudidayakan sebagai pohon buah pd ketinggian mncp 600 meter dpl, & mau berbuah di Queensland. Varietas ini dpt tumbuh baik di sela-sela rumpun bambu, yg di tempat itu tanaman-tanaman lain tdk mampu bersaing.

Budidaya

Kepel umumnya diperbanyak dari biji yg diambil dari buah masak dan disemaikan scptnya. Penyetekan & pencangkokan sudah pernah dicoba, ttp tidak berhasil. Benihnya dibersihkan dengan jalan dicuci dan dikeringkan di tmpt teduh. Sebelum disemai benih diskarifikasi, ttp prkcmbhnnya msh membutuhkan wkt bbrp bln. Lambat-laun persentase prkcmbhnnya tinggi jg. Prkcmbhnnya hipogeal, akar tunggangnya membengkak & tdk bercabang untk beberapa waktu. Mula-mula semai itu tumbuh lambat. pada saat semai berdaun 3-5 helai, dipindahtanamkan ke dlm pot.Ktk tingginya mencapai 0,5-1,0 m bibit dipindahtanamkan ke lapangan dengan jrk tnm 6-8 meter. Fase yuwananya (vegetative phase, juvenile phase) berlangsung selama 6-9 thn.

Pemeliharaan
Hama dan Penyakit

Belum ada lprn mengenai hama & penyakit yg brbhy, ttp pohonnya hrs dijg dr serangan kelelawar dan binatang pengerat.

Panen dan Pasca Panen
Buah kepel dianggap masak bila digores kulitnya terlihat bagian bawahnya berwarna kuning atau coklat muda (jika brwrn hijau, buah msh belum masak). untuk menjaga kualitas, buah kepel dibungkus 1-2 bln sebelum dipanen, menggunakan anyaman bambu atau daun kelapa atau kantung plastik. Buah dikemas dlm keranjang atau karung & hendaknya diperlakukan dengan hati-hati; buah kepel dapat bertahan disimpan 2-3 minggu pd suhu ruang



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Tambrauw Bengkulu Kab. Jember Jayapura Kotawaringin Barat Kab. Jember Kutai Timur Jayawijaya Kepulauan Aru Bolaang Mongondow Utara Kab. Situbondo Bontang Gowa Kab. Tulungagung

Dan Kec lainnya Kec. Poncowarno Kec. Sindang Jaya Kec. Purwodadi Kec. Padalarang Kec. Klampis Kec. Kunduran Kec. Pamona Timur Kec. Wonopringgo Kec. Rambah Samo Kec. Tambusi Utara Kec. Purwantoro Kec. Rumbai Kec. Kalisat Kec. Ledok Ombo Kec. Siwalan Kec. Metro Timur Kec. Moga Kec. Pakisaji Kec. Wringin Anom Kec. Jatiwaras

Tag Kepel buah kepelan

Tag search: buah kepelan Kepel .. Stelechocarpus burahol Wikipedia enwikipediaorgwikiStelechocarpusburahol Stelechocarpus burahol known as the burahol kepel kepel fruit keppel fruit or kepel apple is an annonaceous plant from the humid evergreen forests of Kepel Wikipedia bahasa Indonesia ensiklopedia bebas idwikipediaorgwikiKepel Tumbuhan kepel atau burahol Stelechocarpus burahol adalah pohon penghasil buah hidangan meja yang menjadi flora identitas Daerah Istimewa Tutorial Makan Buah KEPEL BURAHOL YouTube 9 Nov 2017 Tutorial Makan Buah KEPEL BURAHOL 12M views 24K 668 Share ASLI BUAH LANGKA Panen Buah Langka PANEN Buah Mamey Buah Kepel Stelechocarpus burahol Kegemaran Putri Keraton mekarsaricomwebberitaeventbuahkepelstelechocarpusburaholkegemaranputrikeraton Garagara tidak merakyat kepel atau burahol menjadi tanaman langka Bagaimana kita melestarikannya kembali sebagai pohon buah yang unik dan Kepel Sekepal Buahnya Banyak Manfaatnya Inibaruid 24 Des 2017 Inibaruid Buah kepel Stelechocarpus burahol diyakini sebagai buah asli dari Daerah Istimewa Yogyakarta Putri Keraton Ngayogyakarta Bukan Sawo lo ini 8 Manfaat Buah Kepel yang Tumbuhnya di Pernah dengar yang namanya buah kepel Buah yang sekilas mirip sawo ini dulunya dianggap sebagai tanaman khas di kalangan ningrat Jawa lantaran Buah Kepel Buah Khas Jogja Kegemaran Putri Keraton Semua bobogrididread buahkepelbuahkhasjogjakegemaranputrikeratonpageall 20 Feb 2018 Apakah temanteman pernah melihat buah kepel Buah ini dulunya sangat digemari oleh putri keraton lo Buah Kepel Stelechocarpus burahol Kegemaran Alamendah alamendahorg20100216buahkepelstelechocarpusburaholkegemaranputrikeraton 16 Feb 2010 Kepel adalah nama pohon dan buah yang mempunyai nama ilmiah Stelechocarpus burahol Tumbuhan penghasil buah yang menjadi 23 Manfaat Buah Kepel Asli Indonesia Kaya Nutrisi Manfaatcoid manfaatcoidmanfaatbuahkepel 26 Apr 2018 Buah kepel atau biasa disebut juga dengan burahol turalak cindul kecindul simpol atau kepel apple ini adalah buah asli Indonesia lebih .


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kepel buah kepelan adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kepel buah kepelan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit