Rambutan | cara panen buah rambutan

Rambutan | cara panen buah rambutan

 

Rambutan adl tanaman tropis yang terglng ke dlm suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dr daerah diAsia Tenggara. Kata "rambutan" berasal dari bentuk buahnya yang memiliki kulit menyerupai rambut.

Rambutan banyak trdpt di daerah tropis seperti AfrikaKambojaKaribia , Amerika TengahIndiaIndonesiaMalaysia,FilipinaThailand dan Sri Lanka.

Pemerian botani

Pohon hijau abadi, menyukai suhu tropikahangat (suhu rata-rata 25 derajat Celsius), tinggi dapat mencapai 8m nmn biasanya tajuknya melebar hngg jari-jari 4meter. Daun majemuk menyirip dengan anak daun 5 hingga 9, berbntk bulat telur, dengan variasi trgntng umur, posisi pada tanaman, & ras lokal.

Prtmbhn rambutan dipengaruhi oleh ketersediaan air. Stlh masa berbuah selesai, tanaman rambutan akan merona (flushing) menghasilkan cabang & daun baru. Tahap ini sangat jelas teramati dg warna pohon yg hijau muda karena didominasi oleh daun muda. Pertumbuhan  ini akan brhntktkketersediaan air trbts dan tanaman beristirahat tmbh.

Pembungaan dan bunga

Tanaman ini mnghslkn bunga stlh tujuh tahun jk ditnm dari biji, nmn pada usia 2 thn sdh dpt berbunga jika diprbnyk scr vegetatif. Rambutan berumah dua, tetapi bersifat androdioecious, ada tumbuhan pnghsl bunga jantan saja dan tanaman penghasil bunga banci. tanaman jantan tidak prnh menghasilkan buah.

Pembungaan rambutan dipngrh oleh musim atau ketersediaan air. Masa kering tiga bulan mnghntkn prtmbhn vegetatif & merangsang pembentukan bunga. Di daerah Sumatera  utara, yang tidak mengenal musim kemaraurambutan dpt menghasilkan buah dua kali dalam sthn. Di tempat lain, bunga muncul biasanya setelah masa kering 3 bulan (di Jawa dan Kalimantan biasanya pada bulan Oktober dan November).

Bunga majemuk, tersusun dalam karangan, dengan ukrn satuan bunga berdiameter 5 mm atau bahkan lebih kecil. Bunga jantan tdk menghasilkan putik. tumbuhan banci yang baru berbunga biasanya mnghslkn bunga jantan, baru kemudian diikuti dengan bunga dg alat betina (putik). Bunga banci (hermafrodit) mempunyai benang sari yg fungsional & memiliki dua bakal buah, meskipun jika trjd pembuahan hanya satu yg biasanya berkembang hngg matang, smtntr yang lainnya tereduksi. Penyerbukan dilkkn oleh berbagai jenis lebah, nmn yg paling sering hadir adalah Trigona, lebah kecil tnp sengat berukuran sebesar lalat. Di berbagai apiari, bunga rambutan juga menjadi smbr utamanektar bg lebah peliharaan.

Buah

Buah rambutan terbungkus oleh kulit yg memiliki "rambut" di bgn luarnya (eksokarp). Warnanya hijau ktk masih muda, lalu berangsur kuning hingga merah ketika masak/ranum. Endokarp brwrn putih, menutupi "daging". bagian buah yang dimakan, "daging buah", sebenarnya adalah salut biji atau aril, yang bisa melekat kuat pd kulit terluar biji atau lepas ("rambutan ace"/ngelotok).

Pohon dengan buah matang sngt menarik perhatian karena biasanya rambutan sangat bnyk menghasilkan buah. jika pertanaman musiman, buah masak pada bulan Desember hngg Maret, dikenal sebagai "musim rambutan". Masanya biasanya bersamaan dengan buah musiman lain, sprt durian dan mangga.

2019-02-26 20:50:17 * 2019-02-26 19:31:16

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Rambutan | cara panen buah rambutan adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

1 Komentar untuk "Rambutan | cara panen buah rambutan"

  1. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit