Pepaya pohon pepaya calina

11:35:02 Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adl tanaman yg berasal dr Meksiko bgn selatan dan bgn utara dariAmerika Selatan, dan kini mnybr luas dan bnyk ditanam di semua daerah tropis untuk diambil buahnya. C. papayaadl satu-satunya variasi dlm genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, "papaja", yang pada gilirannya jg mngmbl dari nama bahasa Arawak, "papaya". dalam bahasa Jawa pepaya disebut "katès" dan dlm bahasa Sunda "gedang".

Kegunaan
Pepaya jantan dg bunga.

Buah pepaya dimakan dagingnya, baik ketika muda maupun matang. Daging buah muda dimsk sebagai sayuran. Daging buah masak dimakan segar atau sbg cmprn koktail buah. Pepaya dimanfaatkan pula daunnya sbg sayuran & pelunak daging. Daun pepaya muda dimkn sbg lalapan (setelah dilayukan dg air panas) atau dijadikan pembungkus buntil. Oleh orang Manado, bunga pepaya yg diurap [mnjd|menjadi} sayuran yang biasa dimakan. Getah pepaya (dapat ditemukan di batang, daun, dan buah) mengandung enzim papain, smcm protease, yg dapat melunakkan daging dan mengubah konformasi protein lainnya. Papain telah diproduksi secara massal dan menjadi komoditas dagang.

untk memproduksi papain, bhn baku yg perlu dipersiapakan adalah getah pepaya. [Smntr|Sementara} bhn penolongnya brp air dan sulfit. Air dgnkn sbg pengencer getah pepaya, sedangkan sulfit dgnkn sebagai pelarut bhn kimia.

Pengambilan getah buah dilkkn pada buah yang sudah berumur 2.5-3 bulan. Buah yang sedangkan dlm masa penyadapan hrs tetap tergantung pd batang pokoknya. Penyadapan dilakukan sampai tujuh kali dengan interval penyadapan empat hari, maka waktu yang diperlukan untk penyadapan adalah sekitar 28 hari. Waktu yang tepat untuk menyadap adl pagi hari sebelum matahari terbit atau sore hari sblm matahari terbenam. [1]

Daun pepaya juga berkhasiat obat dan perasannya digunakan dalam pengobatan tradisional untk menambah nafsu makan.

Pemerian

Pohon pepaya umumnya tidak bercabang atau bercabang sedikit, tmbh hingga setinggi 5–10 meterdg daun-daunan yg membentuk brp spiral pd batang pohon bagian atas. Daunnya menyirip lima dg tangkai yg pnjng dan berlubang di bagian tengah. Bentuknya dpt bercangap ataupun tdk. Pepaya macam biasanya bercangap dalam.

Pepaya adalah monodioecious' (berumah tunggal sekaligus berumah dua) dg tiga kelamin: tumbuhan jantan, betina, & banci (hermafrodit). Tanaman jantan dikenal sbg "pepaya gantung", yang walaupun jantan kadang-kadangdapat mnghslkn buah pula secara "partenogenesis". Buah ini mandul (tdk menghasilkan bj subur), & djdkn bhn obat tradisional. Bunga pepaya memiliki mahkota bunga berwarna kuning pucat dg tangkai atau duduk pd batang. Bunga jantan pd tanaman jantan tumbuh pd tangkai pnjng. Bunga biasanya ditemukan pada daerah sekitar pucuk.

Bentuk buah bulat hingga memanjang, dg ujung biasanya meruncing.Warna buah ketika muda hijau gelap, dan stlh matang hijau muda hingga kuning. Bentuk buah membulat bila berasal dari tanaman betina & memanjang (oval) bila dihasilkan tumbuhan banci. Tanaman banci lebih disukai dalam budidaya karena dpt menghasilkan buah lebih banyak & buahnya lbhbesar. Daging buah berasal dr karpela yg mnbl, brwrn kuning hngg merah, trgntng varietasnya. bgn tengah buah berongga. Biji-biji brwrn hitam atau kehitaman dan trbngks semacam lapisan berlendir (pulp) untuk mencegahnya dari kekeringan. dalam budidaya, biji-biji untuk ditnm kmbl diambil dari bgn tengah buah.

Kelamin jantan pepaya ditentukan oleh suatu kromosom Y-primitif, yg 10% dari keseluruhan pnjngnya tidak mengalami rekombinasi.[2] Suatu penanda genetikRAPD jg telah ditemukan untk membedakan papaya berkelamin betina dr papaya jantan atau banci.[3]

Kultivar papaya

Kultivar pepaya bermacam-macam karena berbeda-beda pemanfaatan dan slr konsumen.

Kultivar Institut Pertanian Bogor (IPB)

kultivar pepaya ini dikembangkan oleh Pusat Kajian Hortikultura Tropika (PKHT) IPB.[4]

IPB-1 (Arum Bogor)

Arum Bogor mempunyai keunggulan bersosok kcl atau mini, bobotnya sekitar 0,63kilogram hingga praktis untuk diknsms.

IPB-2 (Prima Bogor)

Prima Bogor memiliki keistimewaan daging buahnya berwarna merah, bobot hingga 2.257 kg & dapat bertahan lama ketika dsmpn. Prima Bogor dpt bertahan selama 1 minggu masa penyimpanan.

IPB-3 (Carisya)

Pepaya Carisya berdmnsi kcl shngg praktis diknsms satu orang mnggnkn sendok. Kulit buah halus mulus, berwarna hijau tua, rasa daging buah sangat manis, daging buah agak kenyal dan berwarna merah jingga, tida ada bau "burung"sehingga disukai oleh konsumen. Kadar gula carisya adalah 140 briks. Carisya lebih tahan tungau dibndngkn dengan Arum Bogor.

IPB-6C (Sukma)

Pepaya Sukma mempunyai keunggulan daging buah yg benar-benar merah. Ktk matang, warna kulitnya bersemburat kuning pd bgn ujung buah. Bobot dpt mencapai2 kg. Cocok untuk dikonsumsi oleh satu keluarga besar.

IPB-9 (Calina / California)

Pepaya IPB-9 memiliki kekhasan pada permukaan kulit buahnya yang sngt mulus dan berwarna hijau. Bila dibelah daging buahnya brwrn Jingga kemerahan yang lezat. Daging buahnya tebal & lembut. Bobot dapat mencapai 1,5 kilogram dengan tingkat kemanisan 110 briks. Kadar gulanya lebih tinggi dari pepaya Cibinong yang berkadar gula 9-100briks.

Pepaya bangkok
Pepaya bangkok diintroduksi dr Thailand. Permukaan buahnya tidak rata dan kulit luarnya relatif tipis, sehingga sulit dikupas. Kelebihannya, dagingnya manis dan berair. Buahnya berukuran bsr.
Pepaya Solo
Ini adalah pepaya kultivar hibrida unggul dr Hawaii. Buahnya kecil-kecil dan disukai oleh konsumen barat.

Lain-lain
Selain itu terdpt pula pepaya hias yang warna daun atau tangkai daunnya ungu. Pepaya ini ditnm lebih untuk penampilannya dlm memperindah taman. DiDataran Tinggi Dieng dikenal produk mrp pepaya yg dikemas dan disebut "carica". Jenis ini menyukai daerah dingin untuk produksi buah secara optimal.
Manfaat pepaya
Manfaat buah pepaya
Pepaya mempunyai manfaat yang bnyk karena pepaya bnyk mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, pepaya juga mmprlncr pencernaan bagi yg sulit buang air besar. Di beberapa tmpt buah pepaya setengah matang dijadikan rujak buah manis brsm dg buah bengkoang, nanas, apel,belimbing, jambu air. Getah buah pepaya juga tergolong mahalkrn getah pepaya bisa diolah menjadi tepung papain yg berguna bagi kbthn rumah tangga dan industri. pada pengobatan herbal pepaya dapat mncgh kanker,[5] sembelit, kesehatan mata.

Manfaat biji pepaya
Dokter Wahyu Triasmara menjelaskan bahwa bj buah pepaya brmnft sbg antioksi& dalam darah karena dpt menurunkan kadar kolesterol & LDL, serta meningkatkan kadar HDL (lipoprotein densitas tinggi). Biji pepaya memiliki efek hipolipidemia untk terapi hiperlipidemia yang disbbkn oleh kadar lemak nabati atau kolesterol dalam jmlh terlalu tinggi Karen ekstrak bj tersebut berisi kndngn alkaloid, flavonoid, tanin, saponin, antrakuinon, & antosianin. Menurutnya biji pepaya dapat dikonsumsi dengancara diblender dan disjkn seperti mmbt jus, atau pun dg cara diseduh seperti menyeduh kopi stlh trlbh dhl [dikrngkn|dikeringkan} dan diblender.[6]

Hama & Penyakit
Hama yang umum mnyrng tumbuhan pepaya antara lain kutu putih & tungau Tetranychus sp. sedangkan pnykt yg umum menyerang antara lain antraknosa, busuk akar, busuk pangkal batang, bercak daun.[7] Kutu putih pepaya Paracoccus marginatus Williams & Granara de Willink (Hemiptera: Pseudococcidae) mrpkn hama br yang mnjdmslh penting pd pertanaman pepaya di Indonesia. Serangga ini diketahui keberadaannya pertama kali pd bulan Mei 2008 pada tanaman pepaya di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.[8] Kutu putih pepaya P. marginatus adl hama pntng di Indonesia yg memiliki daya rusak tinggi.[9]



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Kab. Sumbawa Kota Pontianak Kab. Sukoharjo Banyuasin Indragiri Hulu Kab. Sukoharjo Padangsidempuan Kab. Lombok Tengah Kota Magelang Konawe Selatan Tidore Kepulauan Bitung Bulukumba Kab. Gorontalo Utara

Dan Kec lainnya Kec. Wenang Kec. Pamulang Kec. Bajeng Barat Kec. Jiwan Kec. Samigaluh Kec. Mepanga Kec. Dukuhturi Kec. Regol Kec. Peusangan Kec. Ngrambe Kec. Sukmajaya Kec. Pamona Selatan Kec. Ploso Kec. Gedek Kec. Solear Kec. Padang Sidimpuan Barat Kec. Pasar Rebo Kec. Jatinegara Kec. Indihiang Kec. Banjarmangu

Tag Pepaya pohon pepaya calina

Tag search: pohon pepaya calina Pepaya ..NET JATIM BUDIDAYA PEPAYA CALINA YouTube watch20160414 SEJUMLAH PETANI BUDIDAYAKAN PEPAYA KALINA DI KABUPATEN LAMONGAN Trukm 204Paskelbta 20160414TOPIK ANTV Pepaya California Si Primadona Baru Pasar YouTube watch20140212 Kebun Pepaya California Duration 509 Dwi Sulistyo 23107 views 509 Super Trukm 509Paskelbta 20140212SELEKSI POHON PEPAYA CALIFORNIA MEMBEDAKAN BUNGA watch20190616 SELEKSI POHON PEPAYA CALIFORNIA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN BETINA Trukm 853Paskelbta 20190616Pepaya CalinaCalifornia Publications Facebook GardenCenter pepayacalinacalifonia postsvertin 47 2 Pepaya CalinaCalifornia Tuban Jawa Timur Indonesia 1 392 Jaime 1 en parlent 1 tait ici Jual BuahBenih dan Bibit Pepaya Calina CaliforniaPEPAYA CALIFORNIA Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan produkunggulandetil 5pepayaTanaman pepaya varietas California merupakan salah satu jenis papaya yang sedang digandrungi dan mulai banyak dikebunkan para petani pada saat ini9 Jurus Sukses Bertanam Pepaya California books hama dan penyakit yang mungkin timbul dari tanaman yang bukan pepaya Penyiangan gulma yang tumbuh di sekitar batang tanaman dilakukan denganPepaya Wikipedia bahasa Indonesia ensiklopedia bebas wiki PepayaPepaya Carica papaya L atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko Bogor 313 IPB3 Carisya 314 IPB6C Sukma 315 IPB9 Calina California Buah pepaya dimakan dagingnya baik ketika muda maupun masakEKONOMI MIKRO Aplikasi dalam Bidang Agribisnis booksProses keputusan pembelian pepaya california adalah a keinginan dan pengambil keputusan untuk mengkonsumsi buah pepaya adalah diri sendiri b5 Cara Menanam Pepaya California Pasti Berhasil IlmuBudidaya Buah Buahan20180804 Pepaya california merupakan salah satu jenis buah tropis yang sedang booming dan hits Ukurannya yang tidak terlalu besar dengan warna .


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Pepaya pohon pepaya calina adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Pepaya pohon pepaya calina"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit